Rabu, 16 Maret 2016

Pengertian Saham di Suspensi


Mungkin jika kita sering membaca tentang bursa saham pernah mendengar saham di Suspensi apa sih maksudnya? Suspensi saham adalah saham yang dihentikan sementara perdagangannya oleh otoritas Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam kurun waktu tertentu yang gunanya untuk mendinginkan perdagangan. Jika mempunyai saham yang terkena suspensi maka kita tidak bisa membeli maupun menjual saham tersebut di lantai bursa dalam kurun waktu tertentu sampai ada pemberitahuan pencabutan suspensi.


Suspensi sebenarnya merupakan bentuk sanksi BEI kepada emiten. Sebenarnya suspensi merupakan hukuman/sanksi nomor 4  kepada emiten yang menjadi anggota bursa. Berikut urutan sanksi yang diberikan BEI kepada emiten:

1.Denda maksimal 500 juta
2. Teguran tertulis
3. Peringatan tertulis
4. Larangan sementara bagi emiten untuk memperdagangkan sahamnya di bursa alias suspensi
5. Pencabutan keanggotaan bursa /delisting


Sebab dihentikan perdagangan sementara bisa dikarenakan kenaikan tidak wajar harga suatu saham. Contohnya harga saham emiten A mengalami kenaikan hingga 100 % dalam kurun waktu 1 bulan maka biayanya BEI akan menghentikan perdagangannya untuk pendinginan atau cooling down. Penghentian sementara perdagangan oleh BEI atau diminta emiten.

Ada beberapa pelanggaran umum yang sering terjadi, antara lain:
1. Unusual Market Activy (UMA). Merupakan kegiatan perdagangan diluar kebiasaan misalnya harga saham melonjak  / merosot tajam dalam seminggu. Tetapi jika peningkatan aktifitas bukan karena rekayasa maka akan segera dapat diperdagangkan lagi. Mungkin BEI ingin memberi perlindungan pada investor.

2. Kesalahan dalam pencatatan laporan keuangan.

3. Adanya perbedaan antara pengumuman corporate action dengan kejadian yang sebenarnya.

4.  Gagal membayar hutang atau obligasi

5. Penyalahgunaan dana yang didapat dari IPO.

6. Insider trading ( menggoreng saham)


Biasanya BEI tidak langsung menjatuhkan sanksi kepada emiten. BEI akan mengevaluasi dan memberi kesempatan kepada emiten untuk memberikan pembelaan sebelum diberi sanksi.  Sehingga akan timbul keadilan dalam memutuskan sanksi.


Adapun ada beberapa kriteria saham yang mudah mendapatkan sanksi suspensi, yaitu:
1. Harganya murah atau sangat murah. Saham murah misalnya harga Rp. 100 jika terjadi kenaikan Rp. 80 maka telah terjadi kenaikan 80 % maka terkena UMA atau suspensi.

2. Sahamnya jarang diperdagangkan alias tidak likuid atau saham tidur.

3. Kinerja perusahaan buruk atau bahkan banyak hutang

4. Aset dan market cap perusahaan kecil sehingga mudah terkena UMA atau suspensi.
Jadi demikian dulu  berbagi semoga bermanfaat bagi kita bersama.

5 komentar :

  1. Berapa lama biasanya saham di suspend pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung apa penyebabnya. Jika indikasi penyebab kenaikan saham karena kecurangan maka suspend bisa lama. Mungkin berbulan-bulan bahkan tahunan. Tetapi jika kenaikan harga tak wajar karena melonjak harga saham karena permintaan murni pasar suspensi bakal cepat. Bisa satu hari atau satu minggu.

      Hapus
  2. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus
  3. Bagus Kak,
    mau sedikit ikut nambahin bahan, kalau menurut Saham Online ,

    "...Pengertian Saham adalah bentuk kepemilikan suatu perusahaan, biasanya dalam bentuk dokumen. Pemilik saham berhak untuk mendapat sebagian dari keuntungan perusahaan (disebut “deviden”)..."

    Keterangan lebih lengkapnya di bawah ini ada di
    PENGERTIAN SAHAM MENURUT BEBERAPA AHLI

    Keep sharing, Kak

    BalasHapus
  4. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus

 
Copyright © . Bisnis dan Saham - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger