Kamis, 29 Oktober 2015

Reksadana Pilihan Investasi Anda

Anda kenal Reksadana? Reksadana adalah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya oleh Menejer Investasi diinvestasikan dalam bentuk portofolio efek. Keuntungan investasi Reksadana adalah selisih antara nilai jual dengan nilai beli awal. Reksadana ini adalah salah satu pilihan investasi dibandingkan uang anda "tidur" ditabungan anda.
Jenis-jenis Reksadana:



1. Reksadana pasar uang
Reksadana pasar uang  menempatkan 100% pada instrumen pasar uang seperti obligasi, Sertfikat Bank Indonesia (SBI), deposito yang memiliki jangka waktu kurang dari 1 tahun. Jenis reksadana ini relatif lebih aman dibanding jenis lainnya, sifatnya juga paling likuid dan lebih mudah dicairkan dengan tingkat keuntungan diatas deposito. Sifatnya investasi jangka pendek.




2. Reksadana Pendapatan Tetap
Reksadana yang menempatkan dana investasi minimum 80% pada obligasi. Investasi jangka menengah. Potensi tingkat keuntungan diatas reksadana pendapatan tetap.




3. Reksadana campuran
Reksadana yang penempatan dana di pasar uang atau obligasi atau saham yang komposisinya fleksibel. Tingkat keuntungan lumayan tinggi dan sifatnya investasi jangka menengah atau panjang.




4. Reksadana saham
Reksadana yang menempatkan dana investasi minimum 80% saham. Reksadana dana memberikan potensi keuntungan paling tinggi dengan tingkat resiko tertinggi pula. Bersifat investasi jangka panjang.




5. Reksadana proteksi
Reksadana dana yang menempatkan pada obligasi uang melindungi sedemikian sehingga nilai investasi awalnya aman. Perlindungan yang kita dapat 100% jika dicairkan sesuatu waktu yang ditentukan.




Jadi jika anda berminat investasi Reksadana manakah yang sesuai karakter anda?
Reksadana dana sebagai mana instrumen investasi lainnya memiliki resiko, jadi pilihlah resiko sesuai kesanggupan anda menanggungnya .
Jadi selamat memilih reksadana yang tepat dan selamat berinvestasi bagi anda.

0 komentar :

Posting Komentar

 
Copyright © . Bisnis dan Saham - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger