Jumat, 27 Januari 2017

3 Keuntungan Bervestasi Saham

Sebagai investor saham kita pasti mencari-cari keuntungan berinvestasi saham. Bukan hanya investasi saham tetapi investasi bidang lain juga kita berharap keuntungan. Keuntungan yang bisa kita dapat ada beberapa hal antara lain :

1. Mempunyai hak andil dalam sebuah perusahaan yang kita pegang sahamnya. Jika kita memegang saham 1 lot memang kita memiliki sedikit hak kekuasaan, tetapi jika kita memiliki 1 juta lot maka kita tentu akan memiliki kewenangan yang berbeda. Kita tentu mempunyai suara yang lebih besar di perusahaan tersebut. Suara yang dapat mempengaruhi kebijakan perusahaan. Bahkan jika kita memiliki hak mayoritas mungkin kita bisa menduduki tempat sebagai dewan direktur. Banyak orang kaya dunia yang kekayaannya berasal dari investasi saham. Mereka jeli membeli saham berkualitas saat saham murah, tatkala harga saham naik mereka memperoleh keuntungan berlipat ganda.

2. Memperoleh keuntungan dari pembagian dividen perusahaan jika perusahaan memperoleh keuntungan. Memang besarnya dividen yang dibagikan berbeda sesuai besaran laba yang diperoleh.  Idealnya dividen yang diperoleh investor minimal diatas nilai inflasi tahunan atau diatas suku bunga deposito. Jika ada perusahaan yang tidak membagikan dividen walaupun memperoleh laba tentu jadi kurang menguntungkan bagi investor. Jadi kurang menarik untuk investor. Ini seperti kita menitipkan uang pada suatu perusahaan yang mana perusahaan memperoleh keuntungan besar tetapi kita yang mempunyai modal tidak merasakan keuntungan tetapi jika perusahaan rugi kita kebagian ruginya karena harga saham turun. Tragis dan kejam nasib investor seperti ini. Pelit namanya perusahaan seperti ini, ada baiknya dihindari perusahaan seperti ini karena tujuan kita berinvestasi adalah mencari keuntungan. Sehingga lebih menguntungkan menyimpan uang dalam bentuk deposito ketimbang investasi saham. Kecuali ada pertimbangkan lain yang memberikan keuntungan dalam bentuk kekuasaan di perusahaan tersebut atau memperoleh keuntungan dari selisih kenaikan harga saham saat pertama kita investasi sampai saat ini besar. Contoh saat kita investasi saham A harga 250 tetapi kini harga saham A menjadi 750 dalam waktu 1 tahun , jadi investor memperoleh selisih kenaikan saham 200 % walau tanpa memperoleh dividen.

3. Memperoleh keuntungan kenaikan selisih harga saham. Investasi saham memang beresiko tinggi , tetapi nilai keuntungannya juga bisa tinggi. Selain memperoleh dividen dan hak suara dalam perusahaan emiten yang kita investasi, kita juga dapat memperoleh keuntungan dari selisih harga saat kita membeli suatu saham sampai kita menjualnya. Contoh kita membeli saham B seharga 500 dan setahun kemudian kita menjual Saham B seharga 600. Selisih harga 600 - 500 =100. Berarti keuntungan kita 100 : 500 = 20%. Jadi keuntungan yang kita peroleh dari selisih harga saat beli dengan harga saat menjualnya adalah 20 %. Lumayan keuntungannya diatas suku bunga deposito yan berkisar 7 % pertahun.

Jadi itulah beberapa hal yang kita dapat dari investasi saham. Uraian diatas hanya sebatas ilustrasi belaka. Jadi keuntungan yang didapat bisa lebih kecil atau lebih besar. Tergantung kepiwaian investor mengolah modalnya. Semakin piawai ia maka semakin besar keuntungan didapatnya. Semoga bermanfaat dan selamat berinvestasi.

0 komentar :

Posting Komentar

 
Copyright © . Seputar Bisnis Online dan Saham - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger