Sabtu, 26 Agustus 2017

Pengertian Saham Blue Chip

Pengertian saham blue chip adalah saham-saham yang dianggap terpercaya untuk investasi. Saham blue chip terpercaya untuk investasi karena posisi perusahaan tersebut telah mapan . Saham blue chip dimiliki perusahaan yang stabil perkembangan perusahaannya. Perusahaan tersebut memberikan laba yang baik . Perusahaan juga rajin memberikan dividen kepada investor sehingga daya tarik saham blue chip pada investor tinggi. Akhirnya harga saham tersebut terus naik. Ada juga saham yang berasal dari perusahaan yang baik dengan tingkat perolehan labanya baik tetapi harganya relatif tetap dan tidak menjanjikan. Biasanya hal ini bisa disebabkan karena perusahaan tersebut tidak mau membagikan dividen kepada investor sehingga investor malas meliriknya sebagai saham prioritas investasi. Logikanya investor membeli saham untuk mencari untung baik dari dividen maupun perbedaan saham saat jual dikurangi saat membeli saham tersebut. Kalau saham tersebut tidak membagikan dividen dan harganya juga tidak bergerak apa yang akan didapat investor? Kalau tak mendapat apa -apa  sama saja hanya menguntungkan pihak perusahaan yang menggunakan duit kita untuk memajukan perusahaannya ,mendingan mencari saham yang lebih likuid tentunya dan mau membagikan keuntungan yang didapatnya pada investor. Sehingga akan kita dapatkan keuntungan dari duit yang kita investasi kan.


Membeli Saham blue chip ada untung ruginya juga. Keuntungan membeli saham blue chip karena saham ini memberikan jaminan keuntungan yang relatif terjamin karena perusahaannya yang sudah mapan. Jadi kepastian mendapatkan dividen dan naiknya harga saham ini lebih terjamin. Sehingga keamanan dana investasi kita lebih terjamin, jadi kita pun lebih tenang. Satu lagi keuntungan saham blue chip harga saham cenderung terus naik. Tetapi ada juga kerugiannya karena biasanya saham blue chip harganya relatif mahal jadi perolehan saham yang kita beli lebih sedikit daripada saham biasa. Harga saham BMRI 12.000 per saham maka jika kita mempunyai uang 12.000.000 kita hanya bisa membeli 10 lot saja. Jika kita membeli A yang mempunyai harga 120 dengan dana yang kita punyai 12.000.000 maka kita akan mendapatkan 1.000 lot. Biasanya saham blue chip diminati oleh pembeli saham bersifat investor yang akan disimpan dalam waktu lama demi mendapatkan keuntungan dan memperoleh dividen. Sedangkan saham murah banyak diminati pembeli saham bersifat trader. Trader membeli saham pada saat harga murah ketika memberikan keuntungan yang diinginkan dalam waktu relatif cepat saham tersebut akan dijual kembali. Satu lagi kerugian yang kita dapatkan dari membeku saham blue chip adalah presentase dividen yang relatif kecil dibandingkan harga saham tersebut. Karena acuan dividen jarang yang sesuai dengan dengan acuan tingkat inflasi tahunan negeri ini.


Saran penulis jika kita ingin menginvestasikan uang kita dalam waktu lama pilihlah saham bluechip yang relatif aman untuk diinvestasikan . Agar uang anda berkembang terus . Kita tidak was-was memikirkan nasib uang yang kita diinvestasikan di Saham tersebut. Untuk itulah kita perlu mengetahui Pengertian Saham Blue Chip.

1 komentar :

  1. This is the precise weblog for anybody who needs to seek out out about this topic. You notice so much its almost arduous to argue with you. You positively put a brand new spin on a subject that's been written about for years. Nice stuff, simply nice!

    BalasHapus

 
Copyright © . Seputar Bisnis Online dan Saham - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger