Kamis, 23 Juni 2016

Pengertian IPO dalam Pasar Modal

Pengertian IPO (Initial Public Offering) atau Penawaran Perdana Saham adalah upaya suatu perusahaan melepas saham untuk pertama kalinya ditawarkan atau kepada masyarakat umum / publik. Karena jenis perusahaan sahamnya telah di miliki masyarakat maka perusahaan tersebut sudah Go Public atau terbuka sehingga perusahaan tersebut memperoleh predikat Tbk dibelakangnya. 
Contoh: PT. Kalbe Farma Tbk

Adapun tujuan suatu perusahaan melakukan IPO adalah:

1. Mendapatkan dana murah dari masyarakat. Dana hasil IPO murah karena dana tersebut tidak terikat kewajiban membayar bunga layaknya kredit dari perbankan atau obligasi.


2. Memperbaiki kinerja keuangan perusahaan. Dengan mendapatkan dana murah perusahaan dapat membayar hutang dan memperbaiki kinerja keuangan dengan cepat.

3. Berpotensi meningkatkan pertumbuhan perusahaan. Dana murah yang didapatkan perusahaan dapat digunakan untuk expansi dan meningkatkan produksi perusahaan sehingga dapat berkembang lebih cepat.

4. Meningkatkan citra perusahaan. Citra perusahaan akan otomatis terkerek karena perusahaan manajemennya telah diakui publik.

5. Meningkatkan nilai perusahaan secara keseluruhan. Seiring meningkatnya kinerja perusahaan harga sahampun akan naik sehingga nilai dari perusahaan akan meningkat.
Walaupun IPO sangat baik untuk suatu perusahaan tetapi biasanya saham yang dilepas ke publik hanya sebagian kecil saja.

1 komentar :

 
Copyright © . Seputar Bisnis Online dan Saham - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger