Sabtu, 02 Juli 2016

Pengertian Cum dan Ex Dividen

Apa sebenarnya maksud Cum dan Ex dividen, atau Cum dan Ex, Cum dan Ex lainnya di pasar saham? Cum dan Ex adalah istilah yang dipakai pelaku pasar untuk membedakan hari terakhir seorang investor masih men -dapat hak memperoleh dividen atas sahamnya dan hari berikutnya di mana hak tersebut sudah tidak berlaku. Hak yang dimaksud tersebut bisa dividen, saham bonus, rights, dan lain-lain.



Cum = hari terakhir bursa di mana pemegang saham masih memiliki hak atas kepemilikan saham.
Ex = satu hari kerja bursa setelah Cum dan merupakan hari pertama di mana hak atas kepemilikan saham sudah kadaluwarsa.
Mari kita lihat contoh saham ABCD yang membagikan dividen dengan jadwal berikut: 
Dividen tunai: Rp 100
Cum dividen: 3l Juli 2016
Ex dividen: 01 Agustus 2016
Tanggal pembayaran: 14 Agustus 2016
Ini artinya setiap pemilik saham ABCD memperoleh dividen sebesar Rp. 100 dimana tanggal 31 Juli 2016 merupakan hari terakhir pencatatan saham yang berhak mendapatkan dividen. Tanggal 1 Agustus 2016 merupakan batas kadaluarsa saham yang berhak mendapatkan dividen saham ABCD. Tanggal pembayaran dividen adalah tanggal 14 Agustus 2016.



Jadi kita membeli saham ABCD tanggal 31 Juli 2016 dan menjual tanggal 1 Agustus 2016 maka kita berhak mendapatkan dividen.  Walaupun hanya satu hari kita memegangnya. Tetapi masalahnya saham yang akan membagikan dividen biasanya akan naik karena banyak investor yang membelinya untuk mendapatkan dividen . Biasanya banyak investor yan menjual saat Ex dividen jika tidak hati-hati bukan untung yang kita dapat tetapi malah rugi karena penurunan harga saham besarnya bahkan bisa lebih besar dari nilai dividen yang dibagikan persaham. Jika ingin untung minimal 1 bulan sebelum pembagian dividen kita sudah mengumpulkan (colect) saham yang akan membagi dividen ,tetapi lagi lagi masalahnya kita tidak mengetahui jadwal cum dan ex dividen jauh jauh hari.
Demikian berbagi ilmu ini semoga dapat bermanfaat bagi kita bersama.

0 komentar :

Posting Komentar

 
Copyright © . Bisnis dan Saham - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger