Sabtu, 19 Desember 2015

Cara Membeli Saham di Ipotfund


Saat ini segalanya terasa mudah untuk dilakukan. Bukan hanya beli di toko online tetapi investasi reksadana dan saham dapat di beli online.  Oh ya investasi perlu lho untuk meningkatkan jumlah uang kita.

Dimanakah reksadana dan saham dapat di beli? Jawabnya di Ipotfund. Tetapi bagaimana caranya? Jika kita telah mendaftar di Ipofund maka kita langsung login. Oh ya kita hanya dapat membeli saham jika saja ketika mendaftar di Ipotfund memilih akun reguler. Selanjutnya klik tanda 3 titik di atas kanan layar disebelah gambar keranjang , lalu klik IPOTSTOCK (investasi saham). Lalu klik gambar = (sebenarnya gambar 3 garis) kemudian pilih dan klik platforms kemudian pilih dan klik Ipotultima. Kemudian pilih fan klik  START TRADING WITH IPOTULTIMA.

Selanjutnya isi user Id dan password yang kita dapatkan sewaktu mendaftar di Ipotfund. Contoh user Id DMNF89 dan password asgr67. Setelah login akan tampak layar yang berisi kode saham  dan perdagangan yang sedang berlangsung (market live). Kemudian pilih Menu disudut kiri layar. Akan terdapat menu:

Market Live
Market summary
Quicklink
Stock summary
8-Orderbook
Potofolio
Buy
Sell
Sectoral Index perf
Index Statistic

Kita dapat langsung membeli saham jika kita telah mengisi deposit di Rekening Deposit Investor (RDI) yang biasanya di Ipotfund menggunakan BCA yang diberikan ketika pendaftaran kita diapprove.

Menu diatas yang paling diperlukan ketika jual beli saham adalah buy berarti membeli saham. Caranya Isi stock dengan kode saham, contoh saham Telkom kode saham TLKM , price(IDR) harga saham yang akan kita beli, qty(lot) jumlah saham yang akan kita beli dalam satuan lot (1 lot =100 lembar saham). Value adalah besaran uang yang dikeluarkan untuk pembelian saham tersebut. User label boleh dikosongkan.

Menu Sell artinya menjual. Jika kita ingin menjual saham kita maka klik ini, caranya hampir sama dengan menu Buy tadi.

Market Live adalah transaksi jual beli yang sedang berlangsung alias live. Jadi kalau malam hari atau hari libur biasanya tak berubah layarnya. Batas jual beli saham di hari kerja jam 08.30 s.d. 16.30.

Market Summary yaitu rekapitulasi jual beli saham dalam 1 periode biasanya tengah hari jam 12.00 siang untuk melihat kondisi pasar saham atau jam 17.00 saat penutupan pasar.  Disana ada JCI yaitu index Jakarta Composite Index (JCI) atau Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)  jika berwarna merah berarti Index sedang turun dan berwarna hijau sebaliknya. Index LQ45 yaitu index komoditas unggulan Bursa Efek Indonesia (BEI). Top 20 values adalah jumlah 20 terbesar volume saham diperdagangkan, top 20  gainners adalah jumlah 20 terbesar saham yang memberikan keuntungan terbesar hari ini, top 20 lossers adalah jumlah 20 terbesar yang memberikan kerugian terbesar.

Stock summary adalah sebagian stock saham yang diperdagangkan.

8-Orderbook adalah 8 contoh order saham.

Portofolio adalah menu berisi stock saham yang telah kita beli.

Sektoral Index Perf adalah gambaran grafik perdagangan persektor saham hari itu.

Index Statistic adalah rekap index statistik saham hari itu.

Demikian dulu tulisan berbagi ini, jika ada pertanyaan silahkan tulis di komentar ya. Selamat berinvestasi.

1 komentar :

  1. This is the precise weblog for anybody who needs to seek out out about this topic. You notice so much its almost arduous to argue with you. You positively put a brand new spin on a subject that's been written about for years. Nice stuff, simply nice!

    BalasHapus

 
Copyright © . Bisnis dan Saham - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger