Sabtu, 10 Juni 2017

Apakah Keuntungan Membeli Saham RI?

Dalam rangka menambah permodalan biasanya emiten melakukan aksi menambah modal sendiri dari intern perusahaan maupun dengan penawaran umum terbatas (PUT) alias right issue bagi perusahaan publik. Right issue dilakukan dengan menambah saham yang beredar di pasar modal. Penambahan modal dilakukan untuk ekspansi,  untuk menaikan bank buku I menjadi buku II, untuk membayar hutang, untuk biaya operasional perusahaan, menambah kapasitas pabrik, untuk membeli lahan untuk pembangunan properti dan sebagainya.

Investor yang bisa membeli saham right issue adalah investor yang telah memiliki saham lama perusahaan. Biasa emiten memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu ( HMETD) . Misalnya emiten mengeluarkan persyaratan setiap investor pemilik 2 saham lama berhak 1 HMETD , maka setiap pemilik 2 saham lama dengan harga pembelian ditentukan oleh emiten. Kita sebagai pemegang saham lama berhak membelinya, tetapi kita berhak tidak membelinya dengan resiko persentase kepemilikan saham menjadi berkurang atau dilusi.

Tetapi apa sih keuntungan membeli saham right issue (RI)? Hitung-hitungannya begini, jika harga saham A sekarang 200 dan emiten A mengadakan right issue dengan HMETD 3 saham berhak 1 saham baru dengan nominal saham 100 dan harga pelaksanaan 150 . Jika kita memiliki 3000 saham lama maka kita mendapatkan 1000 HMETD serta mendapatkan 1000 saham baru dengan harga 150. Jadi kita mendapatkan keuntungan selisih harga saham lama dikurangi harga saham baru di kali jumlah saham baru.
200 -150 = 50 x 1000 saham = 50000.
Itu apabila kita membeli 1000 saham, berapa keuntungan jika membeli 1 juta saham? Jika harga saham melonjak berapa lagi keuntungan yang akan kita dapat?

Masalahnya tidak semua emiten melaksanakan RI sesuai mekanisme diatas. Ada emiten melakukan RI diatas harga saham . Contoh harga saham kini 95 emiten ini mengadakan RI dengan HMETD 1 : 1 dengan harga pelaksanaan 110. Kalau begini artinya setiap 1 saham lama mendapat 1 saham baru dengan harga 110. Kalau model RI seperti ini kita harus hati-hati dan cermat menganalisanya karena resiko rugi kita besar tetapi potensi untung ada tetapi lebih kecil. Ini melihat potensi saham tersebut jika saham bluechip mungkin boleh diambil mengingat potensi saham dimasa depan tetapi jika saham biasa-biasa saja atau merugi sebaiknya hindari.  Karena potensi ruginya besar. Hitungannya begini: 
Harga Saham lama dikurangi harga saham baru dikali jumlah saham baru yang kita beli. Contoh kita mempunyai 2000 saham maka 95-110 = -15 x 2000 = -30000.

Ada juga RI perbandingan HMETD 6:1 , 10:15 dan sebagainya sesuai strategi dan kebutuhan perusahaan dalam menghimpun dana dari investor.



Begitulah hitungan sederhana dari untung rugi membeli saham right issue . Semoga bermanfaat bagi kita semua.

0 komentar :

Posting Komentar

 
Copyright © . Seputar Bisnis Online dan Saham - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger